Sabtu, 09 November 2013

Etika Bisnis dalam Persaingan Iklan Produk Pasta Gigi

 Produk Pasta Gigi Pepsodent Sensitive Expert vs Sensodyne Rapid Relief


Iklan adalah suatu pesan tentang barang/jasa (produk) yang dibuat oleh produser/pemrakasa yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat. Tujuan iklan adalah agar masyarakat tertarik untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa tersebut.
Tujuan iklan:
a. Memberi tahu masyarakat
b. Mengajak masyarakat supaya membeli produk tersebut
c. Mempengaruhi masyarakat supaya ingin membeli produk tersebut
Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat iklan, antara lain:
a. kalimatnya singkat dan jelas;
b. bahasanya mudah dipahami dan menarik;
c. tulisan dan gambarnya menarik

Tak jarang sebuah produk memiliki tagline masing-masing agar sebuah produk tersebut mudah diingat oleh konsumen. seperti contoh sebuah iklan produk pasta gigi. Produk pasta gigi yang sama-sama menawarkan keunggulan produk bagi penderita gigi sensitif ini memiliki tagline yang berbeda dan saling menjatuhkan seperti pada iklan pasta gigi sensodyne yang memiliki slogan "perlindungan dari rasa ngilu dengan cepat" namun pernyataan slogan itu dibantah oleh iklan pasta gigi pepsodent sensitive expert yang memiliki tagline "tidah hanya melindungi tetapi mengatasi masalah gigi sensitif hingga ke akarnya",  Perang iklan antar kompetitor sebuah produk sebenarnya sudah lama dan sering terjadi. Namun pada perang iklan yang satu ini, tergolong ingin menjatuhkan produk tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar